Senin, 09 April 2012

Wirausaha Jadi Kunci Penyelesaian Masalah Ekonomi

JAKARTA - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) tahun ini akan lebih memperluas program kewirausahaan di setiap sektor usaha.

"Kewirausahaan akan menjadi kunci penyelesaian berbagai masalah perekonomian masyarakat dan sekaligus mendorong munculnya usahawan-usahawan nasional yang mandiri dan independen," ujar Diungkapkan Menakertrans Muhaimin Iskandar, dalam keterangan tertulisnya kepada okezone di Jakarta, Selasa (9/2/2010).

Demi mendukung hal itu, Menakertrans memberikan penghargaan Paramakarya 2009 kepada para wirausahawan berprestasi yang dimaksudkan untuk memacu semangat para wirausahawan mengembangkan usaha mereka dan menciptakan lebih banyak lagi kesempatan kerja.

Para penerima penghargaan berasal dari beberapa propinsi seperti Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Bali, Yogyakarta dan Jawa Barat. "Bercita-cita lah bukan sekadar menjadi tenaga kerja tapi melalui wirausaha justru menjadi pencipta lapangan kerja," katanya.

Wapres Boediono juga menyampaikan bahwa persoalan utama bangsa ini adalah bagaimana menekan angka pengangguran. Sekalipun sudah turun secara presentase yaitu 8,9 persen, angka ini masih cukup tinggi dan inilah tantangannya.

Angkatan kerja setiap tahunnya belum terserap semua ke dalam lapangan kerja, dan wirausaha merupakan salah satu solusi yang sangat penting. Cara lainnya adalah transmigrasi dan diharapkan program ini lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja.

"Persoalan kedua di ketenagakerjaan adalah apakah upah mereka sudah layak untuk memenuhi kebutuhan harian mereka," tantang Boediono.

Dia pun meminta semua sektor terkait harus bekerja sama dan membuka diri satu sama lain, termasuk membangun sinergi pusat dan daerah. (ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar